Sabtu, 17 September 2011

contoh RPP IPS SD

RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
Jenjang pendidikan             : SD
Mata pelajaran                      : Ilmu Pendidikan Sosial (IPS)
Kelas/semester                       : III (Tiga)/ 1 (Satu)
A.    Standart kompotensi       : Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di                                           sekitarrumah dan sekolah
B.     Kompotensi dasar           : Memebuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
C.    Indikator
-          Mengidentifikasikan denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah
-                    Menjelaskan cara menggambar peta dan denah
-                    Membuat peta/denah dengan menggunakan mata angin
-          Menyebutkan kegunaan simbol-simbol pada denah dan peta
-                    Menjelaskan manfaat denah dan peta lingkungan sekolah dan ruma                                                     
D.    Tujuan
-          Melalui identifikasi denah dan peta sekolah siswa dapat mengetahui denah dan peta sekolah
-          Siawa mengetahui dan menggambarkan denah ruangan dalam rumah
-          Siswa bisa menggambarkan denah lingkungan sekitar rumah
-                    Siswa bisa mengetahui dan menggambarkan denah sekolah
-                    Siswa dapat membuat peta/denah dengan menggunakan mata angin
-                    Siswa dapat menyebutkan kegunaan symbol-simbol pada denah peta
E.     Alokasi waktu                  : 2 x 45 Menit
F.     Materi pembelajran /materi pokok
-          Denah dan peta lingkungan sekolah
G.    Metode pembelajaran
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Praktek
H.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan awal
-          Berdo’a , absensi
-          Membuat kelompok dari jumlah jumlah siswa kelas menjadi 4 kelompok 1/5 orang
-          Sebelum masuk pada inti pembelajaran, menjelaskan tema yang akan dibahas dan menanyakan atau menerima pertanyaan dari siswa yang mengarah pada pembelajaran
-          Guru mendekatkan antara siswa yang satu dengan yang lainnya antau antar kelompok agar terjadi pembelajaran yang aktif dan saling berinteraksi sesama temannya atau dalam kelompoknya yang telah dibentuk
-          Guru menyampaikan sedikit mater atau ulasan dari materi pokok untuk memberikan gambaran kepada siswa sehinnga pembelajaran menjadi aktif  dan saling bertukaran pikiran dengan temannya dan saling menghargai ketika berpendapat
2.      Kegiatan inti
-          Kelompok yang telah dibentuk diminta untuk berkumpul bersama masing-masing kelompoknya.
-          Guru menyampaikan materi tentang denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
-          Guru menjelaskan cara menggambar denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
-          Guru memberikan cotoh cara membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
-          Guru meminta dari masing-masing kelompok untuk mendiskripsikan denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah
-          Masing – masing Siswa diminta untuk mengganbar denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah dengan mata angin dan tampa mata angin bersama teman kelompoknya. Sehingga terjadi kompetisi dalam kelompok dan bersemangat dalam menggambar.
-          Setelah selesai menggamabr siswa diminta untuk diskusi atau menyampaikan hasil karyanya kepada kelompok lain, menjelaskan apa manfaat dari denah dan peta.
-          Bagaimana kegunaan mata angin dan symbol-simbol yang ada pada denah dan peta sekolah maupun dilingkungan rumah.
-          Siswa yang lain diminta untuk menaggapi dan saling menghargai dalam perbedaan-perbadaan yang ada dalam hasil karyanya.
3.      Penutup
-          Sebelum pembelajaran ditutup guru memberikan pertanyaan secara umum tentang pembelajaran denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah. Dan guru memberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapt terkait materi yang telah berlangsung.
-          Guru memberikan kesimpulan baik secara khusus maupun secara umum tentang materi pembelajaran tersebut
-          Berdo’a dan selesai.
I.       Media dan seumber pembelajaran
-          Gambar denah, peta, sekolah dan rumah  
-          http://www.crayonpedia.org/mw/Denah_Lingkungan_Rumah_dan_Sekolah_3.1
-          Sularsi, Sri, S.Pd dan Suprapti, Dra. 2007. KARTIKA Pratama (Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas I / 2). Tangerang : CV. PERMATA KARISMA.
J.      Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tes tertulis
2.      Bentuk instrument
-          Tes unjuk kerja 
3.      Soal/intstrument
-          Buatlah denah sekolahmu dan denah rumahmu
K.    Rubrik penilaian
No
Nama
Aspek yang dinilai
Nilai yang dicapai
Kognitif
Afektif
Psikomotor
1.
Fauzi























L. Materi Pembelajaran
A.       Membuat Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah
Pernahkah kalian melihat denah? Apakah yang dimaksud dengan denah? Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat. Berikut akan kita pelajari denah lingkungan rumah dan sekolah.
1.      Denah Lingkungan Rumah
Dapatkah kalian memberitahukan alamat rumah kalian masing-masing? Dapatkan kalian menggambarkan peta atau denahnya? Peta dan denah dibuat untuk mempermudah kita mencari sebuah objek di permukaan bumi. Berikut adalah denah sederhana lingkungan rumah.
Rumah Doni tidak besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Rumah Doni bersih dan rapi. Di  depan rumah Doni ada halaman yang ditanami berbagai macam pohon dan bunga. Ada  pohon jambu, mangga, dan rambutan. Rumah Doni terletak di pinggir jalan kampung. Di samping rumah Doni ada rumah tetangga yang juga bersih dan rapi. Di dekat tikungan  jalan ada gardu ronda. Setiap malam ada petugas ronda yang menjaga keamanan  lingkungan. Di depan rumah Doni ada lapangan sepak bola dan di sebelah kanan lapangan sepak bola adalah SD Harapan Kita, sekolah Doni. Jarak rumah Doni dengan sekolahnya tidak begitu jauh. setiap hari Doni berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama teman-temannya. Di dekat sekolah Doni ada masjid tempat beribadah bagi umat Islam. Di sebelah kiri lapangan sepak bola berdiri sebuah gereja tempat beribadah bagi umat Kristen. Meskipun  keyakinan warga berbeda-beda tetapi mereka hidup rukun dan saling menghormati.

1.      Denah Lingkungan Sekolah
Murid-murid kelas III berkumpul di halaman sekolah. Mereka diberi tugas untuk mengenal lingkungan sekolah, mulai dari gedung sekolah, WC, rumah penjaga sekolah, kantin, halaman taman, sampai parit. Semua murid mengamati keadaan dan lingkungan sekolahnya dengan saksama. SD Bakalan 01 adalah sekolah Rudi. Sekolah Rudi terletak di tepi jalan besar. Bangunan sekolahnya berbentuk huruf U. Halamannya luas, sehingga pada saat istirahat dapat digunakan untuk bermain. Di belakang gedung sekolah, ada lapangan untuk berolahraga. Di samping gedung masih ada sisa tanah yang dapat digunakan untuk praktik menanam pohon. Setelah mengamati keadaan sekolah, anak-anak kembali masuk kelas. Mereka mencatat hasil pengamatannya sebagai berikut. SD Bakalan 01, sekolah Rudi terletak di pinggir jalan raya dan menghadap ke utara. Batas sebelah timur adalah kantor asuransi. Batas sebelah selatan adalah lapangan dan persawahan, sedangkan batas sebelah barat adalah pagar perumahan penduduk. Bangunan sekolahnya terdiri atas beberapa ruang. Ada ruang kepala sekolah untuk tempat kerja kepala sekolah, ruang BP, ruang kelas untuk belajar, ruang guru untuk berkantor para guru, ruang BP, ruang UKS, ruang perpustakaan, lapangan olahraga, kamar mandi, WC, kantin, gudang, dan rumah penjaga sekolah. Keadaan dan lokasi SD Bakalan 01 di atas dapat dibuat dalam bentuk denah. Jika dibuat dalam bentuk denah, lokasi SD Bakalan 01 tersebut akan tampak sebagai berikut.
Keterangan
            1. Kebun                               11. Ruang kelas lV
            2. Rumah penjaga                 12. Ruang kantor
            3. Gudang                             13. Ruang UKS
            4. Kantin                               14. Ruang kelas III
            5. Tempat sepeda                  15. Ruang kelas II
            6. Kamar mandi/ WC           16. Ruang kelas I
            7. Lapangan                          17. Papan nama sekolah
            8. Ruang perpustakaan         18. Tiang bendera
            9. Ruang kelas Vl                 19. Lapangan olahraga
            10. Ruang kelas V
            Pohon pelindung
1.       Manfaat Denah
SD Bakalan 01 akan menerima tamu dari SD Harapan 02. Kedua sekolah itu akan melakukan pertandingan persahabatan dalam cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, dan kasti. Hari itu Bu Farida, guru kelas III, memberikan tugas kepada Rudi, Gunawan, Irfan, Tina, dan Rani untuk melakukan persiapan. Bu Farida meminta mereka untuk membuat denah SD Bakalan 01. Denah itu akan diberikan kepada tamu dari SD Harapan 02. Dengan begitu, tamu dari SD Harapan 02 akan mudah mengenali keadaan SD Bakalan 01 beserta lingkungan sekitarnya. Itulah salah satu manfaat pembuatan denah.

A.        Membuat Mata Angin

Tahukah kamu apakah mata angin itu? Jika kamu berdiri di halaman dan menghadap ke arah matahari terbit, berarti kamu menghadap ke arah timur. Punggungmu ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan dan tangan kirimu ke arah utara. Untuk lebih jelasnya, perhatikan arah mata angin berikut ini.

Keterangan
U         : Utara
TL       : Timur laut
T          : Timur
TG       : Tenggara
S          : Selatan
BD      : Barat daya
B         : Barat
BL       : Barat laut


Ketentuan menggambar mata angin adalah sebagai berikut:
a.       atas                                       : arah utara
b.      bawah                                   : arah selatan,
c.       kanan                                    : arah timur,
d.      kiri                                        : arah barat,
e.       antara barat dan utara          : arah barat laut,
f.       antara timur dan utara          : arah timur laut,
g.      antara barat dan selatan       : arah barat daya, dan
h.      antara timur dan selatan       : arah tenggara.
Pada zaman dahulu, untuk arah mata angin ditentukan berdasarkan posisi matahari, dan hal itu hanya dapat dilakukan pada siang hari. Adapun para nelayan yang berada di tengah laut pada malam hari menggunakan rasi bintang Gubuk Penceng untuk penunjuk arah. Pada zaman sekarang, untuk menentukan dan mengetahui arah, manusia menggunakan alat yang disebut kompas. Pada kompas ada jarum yang selalu menunjuk arah utara-selatan.


sumber materi:
http://www.crayonpedia.org/mw/Denah_Lingkungan_Rumah_dan_Sekolah_3.1

2 komentar:

  1. terimakasih anda telah memberi contoh kami untuk membuat rpp semoga dapat membantu kami

    BalasHapus