RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN
Jenjang pendidikan : SD
Mata pelajaran : Ilmu Pendidikan Sosial (IPS)
Kelas/semester : III (Tiga)/ 1 (Satu)
A. Standart kompotensi : Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitarrumah dan sekolah
B. Kompotensi dasar : Memebuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
C. Indikator
- Mengidentifikasikan denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah
- Menjelaskan cara menggambar peta dan denah
- Membuat peta/denah dengan menggunakan mata angin
- Menyebutkan kegunaan simbol-simbol pada denah dan peta
- Menjelaskan manfaat denah dan peta lingkungan sekolah dan ruma
D. Tujuan
- Melalui identifikasi denah dan peta sekolah siswa dapat mengetahui denah dan peta sekolah
- Siawa mengetahui dan menggambarkan denah ruangan dalam rumah
- Siswa bisa menggambarkan denah lingkungan sekitar rumah
- Siswa bisa mengetahui dan menggambarkan denah sekolah
- Siswa dapat membuat peta/denah dengan menggunakan mata angin
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan symbol-simbol pada denah peta
E. Alokasi waktu : 2 x 45 Menit
F. Materi pembelajran /materi pokok
- Denah dan peta lingkungan sekolah
G. Metode pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
- Praktek
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1. Kegiatan awal
- Berdo’a , absensi
- Membuat kelompok dari jumlah jumlah siswa kelas menjadi 4 kelompok 1/5 orang
- Sebelum
masuk pada inti pembelajaran, menjelaskan tema yang akan dibahas dan
menanyakan atau menerima pertanyaan dari siswa yang mengarah pada
pembelajaran
- Guru
mendekatkan antara siswa yang satu dengan yang lainnya antau antar
kelompok agar terjadi pembelajaran yang aktif dan saling berinteraksi
sesama temannya atau dalam kelompoknya yang telah dibentuk
- Guru
menyampaikan sedikit mater atau ulasan dari materi pokok untuk
memberikan gambaran kepada siswa sehinnga pembelajaran menjadi aktif
dan saling bertukaran pikiran dengan temannya dan saling menghargai
ketika berpendapat
2. Kegiatan inti
- Kelompok yang telah dibentuk diminta untuk berkumpul bersama masing-masing kelompoknya.
- Guru menyampaikan materi tentang denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
- Guru menjelaskan cara menggambar denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
- Guru memberikan cotoh cara membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
- Guru meminta dari masing-masing kelompok untuk mendiskripsikan denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah
- Masing
– masing Siswa diminta untuk mengganbar denah dan peta sekolah dan
lingkungan rumah dengan mata angin dan tampa mata angin bersama teman
kelompoknya. Sehingga terjadi kompetisi dalam kelompok dan bersemangat
dalam menggambar.
- Setelah
selesai menggamabr siswa diminta untuk diskusi atau menyampaikan hasil
karyanya kepada kelompok lain, menjelaskan apa manfaat dari denah dan
peta.
- Bagaimana kegunaan mata angin dan symbol-simbol yang ada pada denah dan peta sekolah maupun dilingkungan rumah.
- Siswa yang lain diminta untuk menaggapi dan saling menghargai dalam perbedaan-perbadaan yang ada dalam hasil karyanya.
3. Penutup
- Sebelum
pembelajaran ditutup guru memberikan pertanyaan secara umum tentang
pembelajaran denah dan peta sekolah dan lingkungan rumah. Dan guru
memberikan kesempatan untuk bertanya dan berpendapt terkait materi yang
telah berlangsung.
- Guru memberikan kesimpulan baik secara khusus maupun secara umum tentang materi pembelajaran tersebut
- Berdo’a dan selesai.
I. Media dan seumber pembelajaran
- Gambar denah, peta, sekolah dan rumah
- http://www.crayonpedia.org/mw/Denah_Lingkungan_Rumah_dan_Sekolah_3.1
- Sularsi, Sri, S.Pd dan Suprapti, Dra. 2007. KARTIKA Pratama (Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas I / 2). Tangerang : CV. PERMATA KARISMA.
J. Penilaian
1. Teknik penilaian
- Tes tertulis
2. Bentuk instrument
- Tes unjuk kerja
3. Soal/intstrument
- Buatlah denah sekolahmu dan denah rumahmu
K. Rubrik penilaian
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai yang dicapai
| ||
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
| |||
1.
|
Fauzi
| ||||
L. Materi Pembelajaran
A. Membuat Denah Lingkungan Rumah dan Sekolah
Pernahkah
kalian melihat denah? Apakah yang dimaksud dengan denah? Denah adalah
gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat. Berikut
akan kita pelajari denah lingkungan rumah dan sekolah.
Dapatkah
kalian memberitahukan alamat rumah kalian masing-masing? Dapatkan
kalian menggambarkan peta atau denahnya? Peta dan denah dibuat untuk
mempermudah kita mencari sebuah objek di permukaan bumi. Berikut adalah
denah sederhana lingkungan rumah.
Rumah
Doni tidak besar tetapi juga tidak terlalu kecil. Rumah Doni bersih dan
rapi. Di depan rumah Doni ada halaman yang ditanami berbagai macam
pohon dan bunga. Ada pohon jambu, mangga, dan rambutan. Rumah Doni
terletak di pinggir jalan kampung. Di samping rumah Doni ada rumah
tetangga yang juga bersih dan rapi. Di dekat tikungan jalan ada gardu
ronda. Setiap malam ada petugas ronda yang menjaga keamanan lingkungan.
Di depan rumah Doni ada lapangan sepak bola dan di sebelah kanan
lapangan sepak bola adalah SD Harapan Kita, sekolah Doni. Jarak rumah
Doni dengan sekolahnya tidak begitu jauh. setiap hari Doni berangkat ke
sekolah dengan berjalan kaki bersama teman-temannya. Di dekat sekolah
Doni ada masjid tempat beribadah bagi umat Islam. Di sebelah kiri
lapangan sepak bola berdiri sebuah gereja tempat beribadah bagi umat
Kristen. Meskipun keyakinan warga berbeda-beda tetapi mereka hidup
rukun dan saling menghormati.
1. Denah Lingkungan Sekolah
Murid-murid
kelas III berkumpul di halaman sekolah. Mereka diberi tugas untuk
mengenal lingkungan sekolah, mulai dari gedung sekolah, WC, rumah
penjaga sekolah, kantin, halaman taman, sampai parit. Semua murid
mengamati keadaan dan lingkungan sekolahnya dengan saksama. SD Bakalan
01 adalah sekolah Rudi. Sekolah Rudi terletak di tepi jalan besar.
Bangunan sekolahnya berbentuk huruf U. Halamannya luas, sehingga pada
saat istirahat dapat digunakan untuk bermain. Di belakang gedung
sekolah, ada lapangan untuk berolahraga. Di samping gedung masih ada
sisa tanah yang dapat digunakan untuk praktik menanam pohon. Setelah
mengamati keadaan sekolah, anak-anak kembali masuk kelas. Mereka
mencatat hasil pengamatannya sebagai berikut. SD Bakalan 01, sekolah
Rudi terletak di pinggir jalan raya dan menghadap ke utara. Batas
sebelah timur adalah kantor asuransi. Batas sebelah selatan adalah
lapangan dan persawahan, sedangkan batas sebelah barat adalah pagar
perumahan penduduk. Bangunan sekolahnya terdiri atas beberapa ruang. Ada
ruang kepala sekolah untuk tempat kerja kepala sekolah, ruang BP, ruang
kelas untuk belajar, ruang guru untuk berkantor para guru, ruang BP,
ruang UKS, ruang perpustakaan, lapangan olahraga, kamar mandi, WC,
kantin, gudang, dan rumah penjaga sekolah. Keadaan dan lokasi SD Bakalan
01 di atas dapat dibuat dalam bentuk denah. Jika dibuat dalam bentuk
denah, lokasi SD Bakalan 01 tersebut akan tampak sebagai berikut.
Keterangan
1. Kebun 11. Ruang kelas lV
2. Rumah penjaga 12. Ruang kantor
3. Gudang 13. Ruang UKS
4. Kantin 14. Ruang kelas III
5. Tempat sepeda 15. Ruang kelas II
6. Kamar mandi/ WC 16. Ruang kelas I
7. Lapangan 17. Papan nama sekolah
8. Ruang perpustakaan 18. Tiang bendera
9. Ruang kelas Vl 19. Lapangan olahraga
10. Ruang kelas V
Pohon pelindung
1. Kebun 11. Ruang kelas lV
2. Rumah penjaga 12. Ruang kantor
3. Gudang 13. Ruang UKS
4. Kantin 14. Ruang kelas III
5. Tempat sepeda 15. Ruang kelas II
6. Kamar mandi/ WC 16. Ruang kelas I
7. Lapangan 17. Papan nama sekolah
8. Ruang perpustakaan 18. Tiang bendera
9. Ruang kelas Vl 19. Lapangan olahraga
10. Ruang kelas V
Pohon pelindung
1. Manfaat Denah
SD
Bakalan 01 akan menerima tamu dari SD Harapan 02. Kedua sekolah itu
akan melakukan pertandingan persahabatan dalam cabang olahraga sepak
bola, bulu tangkis, dan kasti. Hari itu Bu Farida, guru kelas III,
memberikan tugas kepada Rudi, Gunawan, Irfan, Tina, dan Rani untuk
melakukan persiapan. Bu Farida meminta mereka untuk membuat denah SD
Bakalan 01. Denah itu akan diberikan kepada tamu dari SD Harapan 02.
Dengan begitu, tamu dari SD Harapan 02 akan mudah mengenali keadaan SD
Bakalan 01 beserta lingkungan sekitarnya. Itulah salah satu manfaat
pembuatan denah.
A. Membuat Mata Angin
Tahukah kamu apakah mata angin itu? Jika kamu berdiri di halaman dan menghadap ke arah matahari terbit, berarti kamu menghadap ke arah timur. Punggungmu ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan dan tangan kirimu ke arah utara. Untuk lebih jelasnya, perhatikan arah mata angin berikut ini.
Keterangan
U : Utara
TL : Timur laut
T : Timur
TG : Tenggara
S : Selatan
BD : Barat daya
B : Barat
BL : Barat laut
Ketentuan menggambar mata angin adalah sebagai berikut:
a. atas : arah utara
b. bawah : arah selatan,
c. kanan : arah timur,
d. kiri : arah barat,
e. antara barat dan utara : arah barat laut,
f. antara timur dan utara : arah timur laut,
g. antara barat dan selatan : arah barat daya, dan
h. antara timur dan selatan : arah tenggara.
Pada
zaman dahulu, untuk arah mata angin ditentukan berdasarkan posisi
matahari, dan hal itu hanya dapat dilakukan pada siang hari. Adapun para
nelayan yang berada di tengah laut pada malam hari menggunakan rasi
bintang Gubuk Penceng untuk penunjuk arah. Pada zaman sekarang, untuk
menentukan dan mengetahui arah, manusia menggunakan alat yang disebut
kompas. Pada kompas ada jarum yang selalu menunjuk arah utara-selatan.
sumber materi:
http://www.crayonpedia.org/mw/Denah_Lingkungan_Rumah_dan_Sekolah_3.1
Terimakasih ini bermanfaat
BalasHapusterimakasih anda telah memberi contoh kami untuk membuat rpp semoga dapat membantu kami
BalasHapus